RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi
Pokok : INTRUKSI
Kelas
/ Semester : V / Genap
Dosen Pengampu :
Fidrayani, M.Pd
Oleh
:
Kelas 4 B
Kurnia
Indah Sukmawatik
( 10.141.070 )
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
IKIP
PGRI MADIUN
2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SDN 01 Majusekali
Kelas/Semester : V
/ 2
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema :
Family
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan ke :
…………
A. Standar
Kompetensi :
1. Memahami
intruksi sangat sederhana dengan
tindakandalam konteks sekolah
2. Mengungkapkan intruksi dan informasi sangat sederhana
dalam konteks sekolah.
3. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks
sekolah
4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat sederhana dalam konteks sekolah
B. Kompetensi
Dasar :
Listening
1.1 Merespon
intruksi sangat sederhana dengan tindakan secara
berterima dalam konteks sekolah.
Wraiting
2.1 Merespon
intruksi sangat sederhana secara verbal
Speaking
3.1 Mengungkapkan intruksi sederhana dengan menirukan
menyebutkan keluarga.
Reading
4.1 Membaca nyaring
kata yang berupa keluarga
C. Indikator
:
1.
Mengerti,
memahami dan melakukan intruksi sangat sederhana secara berterima
2.
Mengidentifikasi
nama – nama keluarga sesuai dengan yang didengar
3.
Mengerti,
memahami dan melakukan intruksi sangat sederhana secara verbal
4.
Menyebutkan nama
– nama keluarga
5.
Mengeja dan
menyalin nama – nama keluarga
D. Tujuan Pembelajaran
:
Setelah
kegiatan pembelajaran berakhir, siswa diharapkan dapat :
1.
Mengerti,
memahami dan melakukan intruksi sangat sederhana secara berterima
2.
Mengidentifikasi
nama – nama keluarga sesuai dengan yang didengar
3.
Mengerti,
memahami dan melakukan intruksi sangat sederhana secara verbal
4.
Menyebutkan nama
– nama keluarga
5.
Mengeja dan
menyalin nama – nama keluarga
E. Materi Pembelajaran:
Family
(
lampiran 1 )
F. Metode
Pembelajaran :
1.
Penanaman konsep
( ceramah )
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
4.
Praktek ( demontrasi
)
G. Media
dan Sumber belajar
1. Buku – buku Bahasa Inggris kelas V
2. Teman sebaya
3. Ringkasan materi
H. Rujukan
1. Siti Kotijah, dkk. Bahasa Inggris
Kelas 5. JP Book
2. Soejono. 2008. Bahasa Inggris 5. Pusat Perbukuan
Departeman Pendidikan Nasional
3. Anwar Choedori.2008. Communicative English For Beginners. Surabaya : SIC
I. Langkah-
langkah Pembelajaran :
1.
Langkah Pembelajaran Awal ( 10 menit)
*
Guru membuka pertemuan
dengan salam
*
Ketua kelas memimpin
siswa untuk berdoa terlebih dahulu
*
Guru melakukan absensi secara global
*
Sebelum masuk pada
kegiatan inti, siswa diberi apersepsi berkenaan dengan materi yang akan dibahas
2.
Langkah Pembelajaran Inti ( 50 menit )
☺ Siswa menyimak teks bacaan yang dibacakan oleh guru
☺ Siswa bersama – sama dengan guru mengidentifikasikan isi
bacaan.
☺ Siswa menuliskan kata – kata yang belum dimengerti
yang terdapat dalam teks bacaan
☺ Siswa bersama guru bertanya jawab tentang anggota keluarga
☺ Siswa diminta maju ke depan untuk
mengidentifikasikan tentang keluarganya
☺ Secara berkelompok siswa mengidentifikaskan LK yang
telah tersedia
☺ Secara bergantian perwakilan kelompok mendemontrasikan
hasil LK kelompoknya masing – masing
☺ Siswa bersama guru menganalisis jawaban LK yang telah didemonstrasikan
3.
Langkah Pembelajaran Akhir ( 10 menit )
© Siswa
bersama - sama guru menyimpulkan
pembelajaran yang telah berlangsung.
© Guru melakukan refleksi dengan menanyakan bagaimana kesan
– kesan siswa selama pembelajaran
© Siswa diberikan pekerjaan rumah
berkaitan dengan materi yang berhubungan
dengan materi yang baru saja dibahas agar siswa lebih
memahami materi. ( LKS Briliant
Kelas 5 halaman. 6 )
© Salam
penutup.
J. Penilaian
Hasil Belajar
Aspek penilaian
menyangkut 3 hal, yaitu :
1. aspek
kognitif ( lampiran 2 )
2. aspek afektif ( lampiran 3 )
3. aspek
psikomotor ( lampiran 4 )
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Sukmawatik I K, S.Pd
NIP.
1989140710141070
|
Madiun, 13
Juli 2012
Guru
Mapel
Kurnia Indah S
NPM.
10.141.070
|
|
|
Lampiran 1
Materi Ajar
Nindi’s Family
I am Nindi. I am the fifth grader. I
have grandparent. My grandfather in Mr. Sulaiman an my grandmother is Mrs.
Nana. They have two children, aunt Eva and my mother.
My mother is Farida.
And my father is Janu. I have one brother, Ronandha and I have one sister, Vernanda.
Aunty Eva
married to Mr. Johan. They have two children. My cousins are Erick and Lorenza.
They school in my school. We always go to school together. We are neighbor.
|
|
Lampiran 2
Nama Sekolah :
SDN 01 Majusekali
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
V ( lima )
Semester : 2 ( Dua)
Alokasi Waktu : 15
menit
LEMBAR
KERJA
NamaKelompok : ___________________________
Anggota : 1.
_________________________
2. _________________________
3. _________________________
4. _________________________
I. Fill the blanks with the correct word !
( Isilah titik
– titik dengan kata yang benar ! )
1. My father’s
mother is my ____________________________
2.
My mother’s brother is my ___________________________
3.
My father’s sister is my _____________________________
4.
My mother’s father is my ____________________________
5.
My son’s aunt is my _________________________________
II. Answer the following questions !
( jawablah pertanyaan – pertanyaan berikut ! )
1.
Who is she ?
_________________________________________
2.
He is my father’s father. How do you call him ? ________________
3.
Arrange the word into good sentence.
Is – my – sister – Yulia =
_______________________________
4.
Hadi is son of my father. He is my _________________________
5.
Sonia is Ridwan’ s sister. Sister = _________________________
Kunci
Jawaban LK
I. 1. Grandfather
2. Mother
3. Aunt
4. Grandmother
5. Cousin
II. 1. She is my mother
2.
Grandfather
3.
Yulia is my sister
4.
Brother
5. Saudara
perempuan
Penilaian
Kognitif
Nama Sekolah :
SDN 01 Majusekali
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
V ( lima )
Semester : 2 ( Dua)
Tema :
Family
Tabel
Penilaian Kognitif Produk
NO
|
NAMA
|
NOMOR SOAL
|
SKOR PENILAIAN
|
KKM
|
KETUNTASAN
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Setiap soal
bernilai 2
Nilai individu =
x 100
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Sukmawatik I K, S.Pd
NIP.
1989140710141070
|
Madiun, 13
Juli 2012
Guru
Mapel
Kurnia Indah S
NPM.
10.141.070
|
|
|
Lampiran 3
Lembar Observasi Diskusi Kelompok
Penilaian
Afektif
Nama Sekolah :
SDN 01 Majusekali
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : V ( Lima )
Semester : 2 ( Dua)
Tema
: Family
Tabel
Penilaian Afektif
No
|
NamaSiswa
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Kerja Sama
|
Ketepatan
|
Kerapian
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Penilaian
No
|
Kategori
|
Skor
|
1
|
Baik
sekali
|
5
|
2
|
Baik
|
5
|
3
|
Cukup
|
3
|
4
|
Kurang
|
2
|
5
|
Kurangsekali
|
1
|
Skor
Penilaian :
Skor
maksimal = 15
Nilai maksimal =
100
Penilaian
Nilai individu =
x 100
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Sukmawatik I K, S.Pd
NIP.
1989140710141070
|
Madiun, 13
Juli 2012
Guru
Mapel
Kurnia Indah S
NPM.
10.141.070
|
|
|
Lampiran
4
Lembar Observasi Diskusi Kelompok
Penilaian Psikomotor
Nama Sekolah :
SDN 01 Majusekali
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : V ( Lima )
Semester : 2 ( Dua)
Tema :
Family
Tabel
Penilaian Psikomotor
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Total
|
Nilai
|
|||
Kebera-nian
|
Partisipasi
|
Tanggung
Jawab
|
Kemauan
bekerja sama
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian
No
|
Kategori
|
Skor
|
1
|
Baik
sekali
|
5
|
2
|
Baik
|
5
|
3
|
Cukup
|
3
|
4
|
Kurang
|
2
|
5
|
Kurang sekali
|
1
|
Skor Penilaian :
Skor
maksimal = 20
Nilai maksimal = 100
Penilaian
Nilai individu =
x 100
NILAI AKHIR = N1 + N2 + N3
3
|
Keterangan
: N1 =Nilai kognitif
N2 = Nilai afektif
N3 = Nilai psikomotor
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Sukmawatik I K, S.Pd
NIP.
1989140710141070
|
Madiun, 13
Juli 2012
Guru
Mapel
Kurnia Indah S
NPM.
10.141.070
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar