RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Materi
Pokok : HOBBIES
Kelas
/ Semester : VI / Ganjil
Dosen Pengampu :
Fidrayani, M.Pd
Oleh
:
Kelas 4 B
Kurnia
Indah Sukmawatik
( 10.141.070 )
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
IKIP
PGRI MADIUN
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan :
SDN
01 Majusekali
Kelas/Semester :
VI /1
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Tema : Hobi
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuanke : 1
A. Standar
Kompetensi :
1. Memahami intruksi sangat sederhana dengan tindakandalam konteks kelas.
2. Mengungkapkanintruksidaninformasisangatsederhanadalamkontekskelas.
3. MemahamitulisanbahasaInggrissangatsederhanadalamkontekskelas
B. Kompetensi Dasar
:
Listening
1.1 Merespon dengan melakukan
tindakan sesuai intruksi secara berterima kasih dalam konteks kelas.
Wraiting
1.2 Merespon intruksi sangat sederhana
secara verbal dalam konteks kelas.
Speaking
2.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima dalam konteks bacaan
Reading
3.1 Membacanyaringteksfungsionalpendeksangatsederhanadalamucapandanintonasi
yang tepatdanberterima
C. Indikator :
-
Mengucapkan
dan menjawab salam
-
Menuliskankalimatdalamteksbacaan yang
berkenaandenganhobi
-
Membacakanteksbacaansecaralancarmengenaihobi
-
Bertanyajawabtentangmaterihobi
-
Mempraktekkan dialog secaraberpasangan
D. Tujuan Pembelajaran :
Setelahkegiatanpembelajaranberlangsung,
diharapkansiswamampu :
1. Mengucapkan dan menjawab salam
2.
Membacakanteksbacaansecara lancer
3.
Menjawab
pertanyaan
4. Mempraktekkan
dialog secaraberpasangan
E. Materi Pembelajaran:
Hobbies ( lampiran 1 )
F. Metode Pembelajaran
:
1.
Penanamankonsep ( ceramah )
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
4.
Praktek ( demontrasi )
G. Media danSumberbelajar
1. Buku – buku yang relevan
2. Temansebaya
3. Ringkasanmateri
H. Rujukan
1. Kasnianto, dkk.
BahasaInggrisKelas 6. JP Book
2. Soenarjo. 2008. Bahasa Inggris 6. Pusat Perbukuan
Departeman Pendidikan Nasional
I. Langkah-
langkah Pembelajaran :
1.
Langkah
Pembelajaran Awal ( 10
menit)
·
Guru membukapertemuandengansalam
·
Ketuakelasmemimpinsiswauntuk berdoaterlebihdahulu
·
Guru melakukanabsensisecara
global
·
Sebelummasukpadakegiataninti,
siswadiberiapersepsiberkenaandenganmateri yang akandibahas
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran/indikator yang dicapai
2.
Langkah
Pembelajaran Inti ( 50 menit )
©
Siswamenyimakteksbacaan yang dibacakanoleh guru
©
Siswbersama – samadengan guru
mengidentifikasikanisibacaan.
©
Siswamenuliskan kata – kata yang belumdimengerti
©
Secaraberkelompoksiswamengidentifikaskan LK yang
telahtersedia
©
Secarabergantiansiswamendemontrasikanhasil LK
kelompoknyamasing – masing
©
Siswabersama guru menganalisisjawaban LK yang
telahdidemonstrasikan
©
Siswa
mengerjakan tugas melengkapi dialogpada LK
©
Siswabersama guru membahas dialog
©
Perwakilankelompokmempraktekkan dialog yang telahdiselesaikandalam
LK
3.
Langkah
Pembelajaran Akhir ( 10 menit )
·
Siswa
bersama-sama guru menyimpulkan pembelajaran yang telah berlangsung.
·
Guru melakukan refleksi dengan menanyakan bagaimana kesan
– kesan siswa selama pembelajaran
·
Siswa diberikan pekerjaan rumah berkaitan
dengan materi yang berhubungan dengan materi yang baru saja dibahas agar siswa lebih memahami
materi. ( LKS Briliant Kelas 6 hal. 7 )
·
Salam
penutup.
J.
Penilaian
Hasil Belajar
Aspek penilaian menyangkut 3 hal, yaitu :
1. aspek kognitif
2.
aspekafektif
3. aspek psikomotorik
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Sukmawatik Indah K, S.Pd
NIP. 1989140710141070
|
Guru Mapel
Kurnia Indah S
NIP 1989140710141044
|
Lampiran 1
Materi Ajar
Teksbacaan LKS Target halaman 25
Playing Scrabble
Hi !my name is Vita. My hobby is playing scrabble.
Playing scrabble is one of useful hobby you know. Why ?because by playing
scrabble we can get more knowledge about the English word and it enrich our
vocabulary. Playing scrabble it’s very easy. We just put the letters on the
board down or across and create a word of it.
The highest score is the winner. How can we count our
score ?each letter has a score easily. Scrabble is the popular game in foreign
countries. So does in Indonesia did you find scrabble in your library ? If you
have it, let’s play it. By playing scrabble you will have more knowledge about
English vocabulary.
Lampiran 2 ( penilaian kognitif )
LEMBAR
KERJA
NamaKelompok : ___________________________
Anggota : 1.
_________________________
2. _________________________
3. _________________________
4. _________________________
A. Complete the
paragraph with the words given !
( lengkapilah
paragraph inidengan kata – kata yang tersedia ! )
I’m Marry. I
like ……………… ( 1 ) the flowers, such as jasmine, ………………….. ( 2 ) . orchids
so on . I always …………………… ( 3 ) the flowers every ………………………. ( 4 ). My
sister often ……………….. ( 5 ) there because the flowers are ……………………… ( 6 )
so my sister wants to pick ………………. ( 7 ) my …………………. ( 8 ) are proud with
my ………………….. ( 9 ). I’m very ……………………… ( 10 )
|
a. morning b.
goes c. water d. roses
e.
planting f. them g. hobby h. beautiful
i.
diligent j. parents
|
B.
Complete the dialog !( Lengkapi dialog ini ! )
Rindu : do you ………… any hobbies ?
Sekali : Yes, my hobby …… writing a short story,
playing football, ….swimming.
Rindu : ……….. do you do your hobbies ?
Sekali : I like swimming on every Sunday, I like
to write every holiday. How about
you ?
Rindu : I like gardening. I ……….. some flowers,
and beautiful plants.
KunciJawaban LK
A.
Complete the paragraph with the words given !
I’m Marry. I like planting(
1 ) the flowers, such as jasmine, roses ( 2 ) . orchids so on . I always water (
3 ) the flowers every morning ( 4 ). My sister often goes
( 5 ) there because the flowers are beautiful ( 6 ) so my sister wants to pick them
( 7 ) my parents
( 8 ) are proud with my hobby ( 9 ) . I’m very diligent( 10 )
B.
Complete the dialog !
Rindu : do you have any hobbies ?
Sekali : Yes, my hobby are writing a short story,
playing football, and
swimming.
Rindu : When do
you do your hobbies ?
Sekali : I like swimming on every Sunday, I like
to write every holiday. How about
you ?
Rindu : I like gardening. I have some
flowers, and beautiful plants.
Penilaian
A. Untuksetiapjawabanbenar : skor 1
B. Untuksetiapjawabanbenar : skor 2
Nilai individu :nilai A + B
2
Lampiran2
Penilaian Afektif
Kelompok :
_____________________
No
|
NamaSiswa
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Nilai
|
||
Kerja Sama
|
Ketepatan
|
Kerapian
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian
No
|
Kategori
|
Skor
|
1
|
Baik
sekali
|
5
|
2
|
Baik
|
5
|
3
|
Cukup
|
3
|
4
|
Kurang
|
2
|
5
|
Kurangsekali
|
1
|
Skor Penilaian :
Skor
maksimal = 15
Nilai
maksimal = 100
Penilaian
Nilaiindividu =
x 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Sukmawatik Indah K, S.Pd
NIP. 1989140710141070
|
Guru Mapel
Kurnia Indah S
NIP 1989140710141044
|
Lampiran 3
Penilaian Psikomotor
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Total
|
Nilai
|
|||
Kebera-nian
|
Partisipasi
|
Tanggung
Jawab
|
Kemauan
bekerja sama
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Penilaian
No
|
Kategori
|
Skor
|
1
|
Baik sekali
|
5
|
2
|
Baik
|
5
|
3
|
Cukup
|
3
|
4
|
Kurang
|
2
|
5
|
Kurangsekali
|
1
|
Skor
Penilaian :
Skor
maksimal = 20
Nilai
maksimal = 100
Penilaian
Nilaiindividu =
x 100
PenilaianAkhir
NILAI AKHIR = N1 + N2 + N3
3
|
Keterangan : N1 =Nilai kognitif
N2 = Nilai afektif
N3 = Nilai psikomotor
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Sukmawatik Indah K, S.Pd
NIP. 1989140710141070
|
Guru Mapel
Kurnia Indah S
NIP 1989140710141044
|
Semoga bermanfaat buat yg membaca, sukses ya?
BalasHapus